Buah Melon

Pengerian Buah Melon Dan Khasiat Buah Melon

Melon merupakan buah segar yang apa bila di konsumsi akan bisa menyegarkan tubuh. tapi kali ini kami bukan hanya membahas enak di makan tetapi buah melon ini mempunyai mafaat dan khasiat buat tubuh kit loh. Berikut informasinya :

Melon

mlMelon (Cucumis melo L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesokarp). Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah, tergantung kultivarnya.

Keragaman genetik
Melon amat beragam, terutama dilihat dari bentuk buahnya. Terdapat dua subspesies dan sepuluh  kelompok kultivar (‘cultivar group’) dalam spesies ini:

Subspesies melo

  • Muskmelon (Reticulatus)
  • Cantaloupe (Cantalupensis)
  • Casaba (Inodorus)
  • Pocketmelon (Dudaim)
  • Snakemelon (Flexuosus)
  • Chate (Adzhur)
  • Tibish
  • Subspesies agrestis
  • Snapmelon (Momordica, Adiculus)
    Oriental pickling (Conomon)
    Makuwa

Tiga yang paling populer adalah Cantalupensis (di dalamnya termasuk blewah, true European cantaloupe), Reticulatus (melon yang biasa dikenal, kulit buahnya biasanya “berjala”), dan Inodorus (melon ‘Honeydew’, yang bentuknya oval dengan kulit berkerut). Terdapat satu kelompok lain yang buahnya juga dimakan, Dudaim.

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

Kandungan gizi buah melon memang cukup lengkap. Maka tidak heran jika buah segar ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa Manfaat dan khasiat buah melon untuk kesehatan :

  • Mencegah Impotensi

Menurut beberapa penelitian di Inggris, buah melon mengandung asam amino yang disebut dengan citrulline yang dapat memproduksi arginine. Arginine berguna dalam meningkatkan aliran darah, terutama aliran darah yang menuju organ s3ksual. Arginine bekerja sebagai stimulator yang memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah menuju organ s3ksual menjadi lancar dan terhindar dari disfungsi 3r3ksi (impotensi).

  • Anti Aging

Anda pasti pernah mendengar istilah kolagen. Sebuah zat yang sering digunakan untuk mengurangi efek penuaan pada beberapa wanita di dunia agar terlihat awet muda. Nah, zat kolagen ternyata juga terdapat pada buah melon. Selain mencegah penuaan, kolagen juga berguna untuk mempercepat penyembuhan luka.

  • Mencegah Serangan Jantung

Selain efektif mencegah serangan kanker, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Adenosine bekerja dengan cara melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga memperkecil risiko serangan jantung dan stroke.

  • Baik untuk Diet

Lebih dari 90 persen kandungan buah melon adalah air yang bisa memberikan efek menyegarkan dan mencegah panas dalam. Buah ini sangat rendah kalori, bebas lemak dan kolesterol, sehingga cocok dikonsumsi saat Anda sedang berdiet untuk menurunkan berat badan maupun mengecilkan perut yang buncit.

  • Anti Kanker

Seperti halnya kemampuan buah-buahan segar yang lain, buah melon juga memiliki kemampuan untuk menangkal serangan kanker karena kandungan karotenoid. Karotenoid merupakan pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker payudara.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Buah melon juga diperkaya dengan beta-karoten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan tubuh untuk memperbaiki fungsi mata, terutama dalam ruangaan dengan pencahayaan minim.

Nah untuk anda yang belum tau manfaat nya anda bisa menyimak dari informasi di atas tadi, semoga informasi kali ini lebih bermanfaat untuk anda .

By. Buah Melot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>